Mengenal Apa Itu Sumber Hukum, Jenis Berserta Contohnya

Menjalani kehidupan sehari hari pasti semua orang sudah kenal dengan aturan yang diberlakukan untuk mengatur cara hidup setiap individu. Aturan memiliki sifat memaksa dan mencegah.

Aturan itu biasa dikenal dengan istilah hukum. Hukum juga memilik materi yang akan diambil untuk dijadikan pedoman pelaksanaan hukum itu sendiri. Materi hukum itu sering dikenal degnan sumber hukum.

Pengertian Sumber Hukum

Materi kali ini akan membahas mengenmai pengertian sumber hukum, macam macam sumber hukun dan contoh sumber hukum berikut penjelasannya. Pengertian sumber hukum secara umum, sumber hukum adalah legal basis atau legal ground ialah norma hukum yang menjadi dasar tidakan atu perbuatan hukum tertentu maka dari itu bisa dibilang sah atau bisa dibenarkan dengan hukum.

Apabila perkataan sumber hukum lebih mengarah ke pengertian tempat darimana asal suatu nilai atau norma itu berasal. Selain itu sumber hukum adalah materi yang nanti akan mendapatkan kekuatan yang menjadi pedoman.

Apabila menurut bahasa sumber hukum dalam bahasa inggris adalah source of law. Berikut pengertian sumber hukum menurut beberapa para ahli :

Definisi Sumber Hukum Menurut Para Ahli

  • Menurut Algra

Menurut Algra sumber hukum ada dua yaitu :

  1. Sumber hukum materiil. Sumber hukum yang darimana tempat materi yang nanti akan dijadikan hukum itu diambil. Sumber hukum akan membantu membentuk hukum yang itu hubungan sosial, kekuatan politik, situasi sosial, ekonomi, budaya, agama dan lain sebagainya.
  2. Sumber hukum formil. Sumber hukum yang berasal dari kekuatan peraturan itu didaat. Hal itu berhubungan dengan penyebab peraturan hukum itu formal seperti UU, perjanjian antar Negara, yuripru densi dan kebiasaan.
  3. Menurut Soedikno Mertokusumo

Menurutnya sumber hukum dibagi menjadi 5, diantaranya :

  1. Sebagai sumber asas hukum sesuatu yang merupakan permulaan hukum, seperti kehendak tuhan, akal manusia, dan jiwa bangsa.
  2. Menunjukan sumber hukun yang dahuku yang membrihan bahan yang sekarang telah berlaku.
  3. Untuk sember berlakunya pemberi kekuatan berlaku dengan formal ke peraturan hukum seperti penguasa dan masyarakat.
  4. Sebagai sumber hukun darimana hukum diketahui misalnya dikumen, undang-undang, batu tertulis dan lain sebagainya.
  5. Sebagai sumber hukum yang terbentuknya hukun atau sumber yang menyebabkan adanya hukum.

Macam Macam Sumber Hukum

Setelah membahas pengertian sumber hukum, sekarang beralih pada macam macam sumber hukum, macam macam sumber hukum sendiri ada dua jenis yaitu :

  • Sumber hukum material

Semua aturan, norma atau kaidan yang dijadikan sumber oleh manusia untuk bersikap dan bertindak. Sebuah keyakinan dan perasaan hukum dari individu dan pendapat masyarakat yang dapat menentukan isi hukum. Sehingga bisa dikatakan jika faktor yang mempengaruhi pembentukan hukun itu adanya keyakinan atatu perasaan hukum individu dan pendapat masyarakat.

  • Sumber hukum formal

Sumber hukum yang disebut untuk penerapan dari hukum material, maka dari itu ukum formal dapat berjalan dan ditaati semua obejek hukum.

Sumber Hukum di Indonesia

Indonesia adalah negara kepulauan yang meruapakan negara yang memiliki bermacam-macam ragam suku dan bahasa. Dengan demikian sbagai rakyat Indonesia bersatu dengan satu kedaulatan yaitu pancasila yang memilili semboyan berbeda-beda tetapi tetap satu jua. Hukum yang berlaku di negara Indonesia perlu ada sumber kum untuk memberikan sanksi para pelanggar hukum. Berikut sumber hukum di Indonesia.

  • Sumber hukum materiil

Sumber hukum yang sumber hum sebagai mentukan isi kaidan hukum terdiri atas perasaan hukum seoran atau pendapat umum, agama, kebiasaan danpolotik hukum dari pemerintah. Sumber hukum materil itu tempat materi hukum diambil dan sumber ini adaalh faktor yang membantu pembentukan hukum

  • Sumber hukum formil

Ini berhubungan dengan bentuk atau cara yang menyebabkan peraturan hukum berlaku. Tak hanya sebuah negara saja yang memiliki sumber hukum agama pun juga memiliki sumber hukum seperti agama islam, sumber hukum islam antara lain Al- Quran, sunnah, ijma dan qiyas.

Sekian penjelasan mengenai pengertian sumber hukum, macam-macam sumber hukum hingga sumber hukum di Indonesia. Demikian penjelasan kali ini semoga dapat bermanfaat baik untuk informasi, pengetahuan, maupun wawasan bagi pembaca.
https://www.gurupendidikan.co.id/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *